DESA LANJAN KEC.SUMOWONO KAB. SEMARANG

: Jln. Jendral Sudirman Km.2 No.3, Desa Lanjan Kecamatan Sumowono | : (0298)6072346 | : desa_lanjan@yahoo.com

Festival Dana Desa Kabupaten Semarang Tahun 2018

img

Festival Dana Desa Kabupaten Semarang Tahun 2018 dilaksanakan di Tennis Indoor Gelanggang Olah Raga (GOR) Pandaran, Wujil, Bergas, Kabupaten Semarang. Acara dibuka oleh Bupati Semarang, Mundjirin pada Kamis (27/12/2018) pagi.

 

Kegiatan ini bertema Dengan Festival Dana Desa Kita Wujudkan Desa yang Maju, Mandiri, Tertib, dan Sejahtera.

Pada sambutannya, Mundjirin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahim antarpemangku kebijakan se Kabupaten Semarang. Ia pun menyatakan acara ini sebagai sarana penyampaian informasi dan kerja nyata serta pertanggungjawaban penggunaan dana desa. Selain itu, ajang transparansi penggunaan dana desa ini juga memuat saran informasi, prestasi, potensi, kreativitas, serta hasil pertanian, perkebunan, dan produk unggulan seluruh desa di Kabupaten Semarang.

 

"Kegiatan ini juga ajang menggali ide dan curah gagasan untuk mendorong kemajuan dan mendorong terjadinya kerja sama antardesa dalam hal pemasaran produk lokal," ujar Bapak Mundjirin dalam sambutannya. Ia pun menambahkan, pada acara ini juga menampilkan keunggulan desa yang ada di tiap kecamatan. Tiap kecamatan menunjukkan produk, wisata alam yang bernilaian ekonomis berupa maupun penemuan-penemuan baru.

 

Dengan adanya Festival Dana Desa, tia desa dapat mengunggulkan potensinya. Dari desa-desa yang unggul tersebut, desa lain dapat ngangsu kawruh (belajar).

 

Acara ini melibatkan 19 kecamatan, 209 desa, dan 15 stan pelayanan publik menggunakan dana swadaya dari semua peserta yang terlibat.

 

Tiap-tiap desa yang berpartisipasi mengumpulkan iuran melalui APBDes, dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Semarang ialah sewa gedung. 


Festival Dana Desa dibuka dengan penampilan Angklung Aremba dari Bengkle, Desa Gebkan, Kecamatan Bergas dan Tari Gambyong dari Kecamatan Bandungan. Dan malam nanti, mulai pukul 19.45-23.30, akan diadakan Gendu-Gendu Rasa: Desa Mawa Cara, Negara Mawa Tata oleh Budayawan Sudjiwo Tedjo. Acara diadakan secara terbuka dan gratis.



 

dikutip dari : 
Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Mundjirin Buka Festival Dana Desa Kabupaten Semarang Tahun 2018, http://jateng.tribunnews.com/2018/12/27/mundjirin-buka-festival-dana-desa-kabupaten-semarang-tahun-2018.
Penulis: amanda rizqyana
Editor: galih permadi